Header Pengetahuan Detail

Manfaat Mandi Air Dingin

  10 Apr 2019     108 kali
Pagi-pagi mandi pakai air dingin? Aku sih no, kalau Mas Anang gimana? J
 
Apapun pendapatnya Mas Anang, saya yakin akan ada banyak yang sependapat dengan saya. Membayangkan mandi pagi dengan air dingin sepertinya akan menambah ‘penderitaan’ di pagi hari, apalagi di musim hujan begini yang pagi-pagi masih sering turun hujan, hehehe. Padahal, mandi air dingin itu sebenarnya banyak manfaatnya lho. Apalagi, mandi air dingin di pagi hari yang ternyata merupakan salah satu cara yang sehat untuk mengawali hari kita.
 
Sumber Gambar : onlymyhealth.com
 
Akibatnya, detak jantung pun menjadi terpacu lebih kencang dan aliran darah kita akan menjadi lebih lancar. Aliran darah yang lancar sangat bagus untuk kesehatan dan dapat menjadi booster energi kita untuk memulai hari.
 
Mandi dengan air dingin juga dapat membuat kekebalan tubuh kita bekerja lebih baik. Dengan mandi air dingin secara teratur. Jumlah sel-sel darah putih di dalam tubuh kita dapat meningkat dalam jumlah terbatas, hal ini tentunya diperlukan tubuh untuk dapat memerangi infeksi. Selain itu, mandi dengan air dingin juga dapat meningkatkan laju metabolisme dan mengaktiviasi sistem imun kita, sehingga tubuh menjadi lebih kebal akan penyakit.
 
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1994 menyebutkan kalau mandi dengan air dingin dapat membantu menurunkan kadar asam urat pada darah. Air dingin juga disebut memiliki kandungan karbondioksida yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya rematik. Mandi air dingin juga dapat mengurangi nyeri otot, karena air dingin memiliki sifat regeneratif yang mampu menenangkan otot setelah sesi latihan yang melelahkan.
 
Sumber Gambar : verywellfit.com
 
Mandi air dingin di pagi hari juga baik untuk kesehatan kita karena dapat meningkatkan kewaspadaan kita. Paparan suhu dingin pada otak dapat memicu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin yang dapat membantu pikiran kita untuk tetap waspada dan terjaga. Jika di pagi hari kita akan mengendarai kendaraan, sepertinya mandi air dingin boleh untuk dilakukan, nih!
 
Mandi air dingin juga disebut dapat membantu menurunkan berat badan. Tubuh kita memiliki lemak cokelat yang akan menghasilkan panas untuk membuat tubuh kita tetap hangat. Jika kita mandi air dingin, lemak cokelat akan menjadi lebih mudah dan cepat terbakar. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa jika kita rutin mandi dengan air dingin selama setahun berturut-turut, kita akan kehilangan berat badan sebanyak 5 kilogram!
 
Mandi air dingin juga dapat meningkatkan gluthathione, yang merupakan salah satu dari antioksidan. Dengan peningkatan kadar antioksidan pada tubuh, terjadi peningkatan atas toleransi tubuh kita terhadap stress, baik itu stress fisik maupun mental. Mandi air dingin juga dapat memberikan impuls listrik yang intensif pada otak. Hal ini dapat menimbulkan semacam efek antidepresi kepada otak. Dengan kata lain, mandi air dingin ternyata dapat mengurangi gejala depresi, lho!
 
Memang sih, mandi air hangat memang lebih nyaman dibandingkan jika kita mandi dengan air dingin. Tapi, tahu kah kalian? Ternyata jika kita mandi dengan air hangat –terutama yang suhunya cenderung panas-, minyak alami pada tubuh kita akan menjadi berkurang. Akibatnya, kulit akan menjadi kering dan cenderung sensitif. Sebaliknya, air dingin yang dapat mengerutkan pembuluh darah justru dapat mengencangkan kutikula rambut dan pori-pori kulit. Pengencangan kutikula rambut dan pori-pori kulit ini akan mencegah masuknya debu dan kotoran yang dapat menyebabkan penyumbatan. Oleh karena itu, rambut dan kulit kita akan tampak lebih sehat, kuat, dan bersinar. Air dingin juga memiliki efek hidrasi yang bagus terhadap kulit, sehingga, kulit kita dapat tampak lebih lembab, segar, dan awet muda.
 
Sumber Gambar : acne.org

Mandi air hangat juga ternyata memiliki efek yang kurang baik, terutama pada pria. Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Endocrinology menyebutkan bahwa suhu panas, sekecil apapun, dapat mempengaruhi DNA, RNA, dan sintesis protein pada pria. Pada penelitian ini ditemukan adanya pengaruh air hangat terhadap penurunan kadar testosteron pada pria. Oleh karena itu, mandi air dingin disebut baik bagi kesuburan pria karena dapat meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan produksi sperma.
 
Walaupun demikian bermanfaat, sayangnya tidak semua orang boleh mandi dengan air dingin. Pada beberapa orang dengan kondisi tertentu, misalnya lansia atau orang yang menderita alergi dingin, mandi dengan air dingin justru dapat mencetuskan berbagai penyakit. Jika kita kurang tidur atau setelah begadang semalaman, kita juga tidak direkomendasikan untuk mandi dengan air dingin. Dr. Chris Bleakley, seorang pakar kesehatan, menyatakan kalau mandi air dingin pada orang yang kurang beristirahat justru dapat berisiko menimbulkan shock atau bahkan mencetuskan penyakit kardiovaskular seperti aritmia jantung, nyeri dada, serangan jantung, atau stroke. Jadi kalau mau mandi air dingin, tetap perhatikan kondisi kita, ya!
 
Nah, bagaimana denganmu? Kamu #teammandiairhangat atau #teammandiairdingin , nih? J
 
***

Komentar

Komentar

Kirim Pesan

Your message was successfully sent!