Header Pengetahuan Detail

Manfaat Ikan Salmon

  25 Nov 2019     179 kali
Bagi pecinta hidangan khas Jepang, ikan salmon mungkin menjadi salah satu makanan yang paling sering dinikmati sekaligus paling disukai. Bagaimana tidak, saat ini berbagai restoran Jepang telah mampu untuk menyajikan ikan salmon dalam berbagai bentuk hidangan yang menggiurkan. Untungnya, kita tidak perlu banyak khawatir jika sering mengkonsumsi ikan salmon karena ternyata ikan salmon memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi tubuh kita. Ikan salmon memiliki kandungan protein yang tinggi, berbagai jenis vitamin dan mineral, serta mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan salah satu bentuk asam lemak esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Dengan berbagai gizi yang dikandungnya, ikan salmon sangat direkomendasikan untuk sering dikonsumsi.
 
Sumber foto: womantalk.com
 
 
Apa saja sih, manfaat ikan salmon bagi kesehatan kita?
 

Sumber foto: verywellfit.com
 
Yang pertama, kandungan asam lemak omega-3 pada salmon sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung kita. Asam lemak omega-3 ini memiliki manfaat untuk meredakan peradangan yang dapat merusak pembuluh darah kita. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida, serta menurunkan tekanan darah khususnya pada penderita hipertensi. Dengan ini, secara tidak langsung, mengkonsumsi ikan salmon dapat menjauhkan kita dari berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, The American Heart Association merekomendasikan kita untuk makan ikan salmon dua kali seminggu untuk membantu menjaga kesehatan jantung.
 
Tahu kah kalian kalau ternyata mengkonsumsi ikan salmon baik untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut kita? Lagi-lagi, dalam hal ini, asam lemak omega-3 lah yang memegang peranan. Asam lemak omega-3 mampu mempertahankan keremajaan dan elastisitas kulit serta mempertahankan kekuatan akar rambut dan kilau dari rambut. Oh iya, untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut, kita lebih direkomendasikan untuk mengkonsumsi daging dari ikan salmon yang merupakan hasil tangkapan liar karena selain mengandung asam lemak omega-3 yang lebih tinggi, ikan salmon tersebut juga mengandung antioksidan karotenoid astaxantin yang mampu melindungi kulit dan rambut dari pengaruh buruk radikal bebas.
 
Sumber foto: salmoniran.com
 
Manfaat dari asam lemak omega-3 tidak hanya sampai di situ karena ternyata asam lemak omega-3 juga mampu memelihara kesehatan otak. Kandungan asam lemak omega-3 dan triptofan yang terdapat pada ikan salmon baik untuk menjaga fungsi dari transmitter serotonin dan dopamine yang dapat mempengaruhi suasana hati. Dengan demikian, ikan salmon dapat membantu membentuk mood yang baik, bahkan disebut dapat mencegah terjadinya depresi. Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh The Journal of Epidemiology & Community Health, orang yang rutin mengkonsumsi ikan salmon memiliki risiko 17% lebih kecil terkena depresi, daripada orang yang tidak rutin mengkonsumsi ikan salmon.
 
Selain itu, manfaat antioksidan dari ikan salmon juga mampu mencegah terjadinya berbagai gangguan pada otak seperti gangguan memori, gangguan kognitif, bahkan gangguan pemusatan perhatian sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit demensia, Alzheimer, serta Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD).
 
Asam lemak omega-3 juga ternyata baik untuk kesehatan mata. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon dapat meningkatkan drainase cairan intraokular dari mata, membantu mengurangi peningkatan tekanan pada mata, serta memelihara kesehatan makula. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi ikan salmon, kita dapat menurunkan risiko terjadinya sindrom mata kering, glaukoma, dan degenerasi makula yang berpotensi menyebabkan kebutaan.
 
Selain asam lemak omega-3, ikan salmon juga ternyata kaya akan kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang kita. Dengan bantuan sinar matahari, vitamin D dalam tubuh akan dimetabolisme untuk menjaga kesehatan serta kepadatan tulang kita. Dengan demikian, mengkonsumsi ikan salmon mampu menghindarkan risiko kita dari osteoporosis.
 
Tidak hanya untuk dewasa, mengkonsumsi ikan salmon sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk sel-sel otaknya. Pada periode emas pertumbuhan, anak memerlukan asupan protein yang sangat tinggi untuk dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan. Ikan salmon merupakan salah satu yang paling direkomendasikan ahli untuk dikonsumsi anak sejak masa Makanan Pendamping ASI (MPASI). Oleh karena itu, para ahli dari American Heart Association dan American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk memberikan porsi menu ikan salmon dua kali seminggu pada anak-anak.
 
Walaupun ikan salmon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kita tetap harus berhati-hati dalam mengkonsumsi ikan salmon. Salah satu isu yang kurang mengenakkan dari ikan salmon adalah adanya kandungan merkuri di dalamnya. Paparan merkuri dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan seperti menimbulkan gangguan fungsi ginjal dan memicu pertumbuhan sel kanker. Hal tersebut dapat kita hindari dengan mengkonsumsi ikan salmon hasil budidaya karena mereka hidup di lingkungan yang telah ‘direkayasa’ sehingga polutan dan eksposur merkuri terhadap ikan salmon tersebut dapat diminimalisir.
 
Kita juga harus mengkonsumsi ikan salmon yang masih segar untuk memastikan keamanannya untuk disantap. Ikan salmon yang masih sehat dan segar dapat dibedakan dari baunya. Kalau ikan salmon itu sudah tidak segar, baunya akan sangat amis dan menyengat, selain itu warnanya juga akan lebih pucat dan teksturnya pun akan menjadi sangat lembek.
 
Ikan salmon sangat bermanfaat bagi semua kalangan, termasuk ibu hamil dan anak-anak. Namun, kita harus memastikan bahwa ikan salmon tersebut dimasak dengan matang agar tidak terkontaminasi. Parasit yang terdapat dalam ikan mentah biasanya adalah bakteri Salmonella, yang berpotensi menimbulkan gangguan pencernaan, khususnya bagi kelompok orang dengan imunitas yang lemah atau belum matang seperti ibu hamil, bayi, anak-anak, dan lansia.
 
Selamat Hari Ikan Nasional 2019!
 
***

Komentar

Komentar

Kirim Pesan

Your message was successfully sent!