28 May 2023 583
Berita

‘Fraud’ Masih jadi Isu, Indonesia Re dan Gallagher Re Gelar Claim Forum 2023

JAKARTA - Proses klaim merupakan aspek penting dalam dunia asuransi karena menjadi pembuktian dari solusi yang dijanjikan oleh perusahaan.

Di lain sisi, produk asuransi yang bersifat intangible dan informasi yang dimiliki tertanggung lebih banyak dibandingkan penanggung, sehingga perusahaan asuransi menjadi lebih rentan terhadap bentuk manipulasi atau fraud.

Hal ini disampaikan  Delil Khairat, Direktur Teknik Operasi PT Reasuransi Indonesia Utama  (Indonesia Re). Terkait concern inilah, sembari menguatkan peran Indonesia Re sebagai Center of Knowledge yang berkontribusi bagi industri asuransi, Indonesia Re berkolaborasi dengan Gallagher Re menggelar Claim Forum 2023 di Surabaya pada 25 – 26 Mei 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh 28 perusahaan asuransi umum klien Indonesia Re (ceding company) sebagai peserta.

“Kami mengadakan Claim Forum 2023 untuk meningkatkan kesadaran semua pihak seperti apa proses klaim yang baik dan benar, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh nasabah dan mencegah terjadinya fraud,”kata Delil.

“Kami berharap Claim Forum tahun ini menjadi langkah awal komitmen industri asuransi nasional untuk mengimplementasikan strategi bersama dalam memerangi fraud,” imbuhnya seperti dilansir dalam siaran pers yang diterima Sabtu (27/5/2023).
Dalam Claim Forum 2023 dibahas sejumlah persoalan di antaranya terkait pentingnya  edukasi di industri asuransi umum guna mencegah terjadinya fraud claims (combating fraud), sharing session terkait contoh kasus fraud pada marine hull dan marine cargo, serta mendalami kasus – kasus kerugian yang pernah terjadi di bisnis asuransi oleh para claim analyst, surveyor, lost adjuster Indonesia Re.

Selain berdiskusi dalam Claim Forum 2023, peserta juga diajak melakukan survey ke PT Galangan Kapal Madura (GAPURA Shipyard) sebagai salah satu galangan kapal terbesar dan berpengalaman dalam melakukan reparasi kapal-kapal di Indonesia. GAPURA Shipyard memiliki kapabilitas untuk berbagi pengalaman dalam menangani kerusakan kapal sebagai salah satu sumber terjadinya kerugian.

“Indonesia Re sangat menjunjung tinggi prinsip prudent claim analysis, mematuhi regulasi yang berlaku, dan mengacu pada SOP yang sudah terstandar dan kelengkapan dokumen yang ketat. Hal ini telah menjadi komitmen kami untuk memberikan yang terbaik. Kami harap, Claim Forum 2023 ini juga menjadi ajang bertukar informasi dan pengalaman terkait dengan klaim, dan meningkatkan hubungan kerja sama yang berkelanjutan dengan seluruh ceding company dan mitra kami,” tandas Delil

Indonesia Re merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa Reasuransi dengan misi meningkatkan pengetahuan, kapabilitas dan penerapan inovasi dalam asuransi/reasuransi, serta  memberikan solusi reasuransi berstandar internasional kepada nasabah. Indonesia Re juga punya misi meningkatkan pasokan dan retensi reasuransi di Indonesia.

Indonesia Re yang ditunjuk oleh Kementrian BUMN sebagai Perusahaan Reasuransi Nasional (PRN) mengelola risiko reasuransi dari mitra usahanya di bidang asuransi dengan menargetkan penguasaan pangsa pasar reasuransi domestik. Jenis reasuransi atau pertanggungan ulang yang disediakan oleh Indonesia Re meliputi Bisnis Reasuransi Jiwa dan Bisnis Reasuransi Umum. Indonesia Re memiliki dua anak perusahaan yaitu PT Asuransi Asei Indonesia dan PT Reasuransi Syariah Indonesia.