13 February 2020 93674
Engineering

Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) atau Gas Power Plant

PLTG merupakan jenis pembangkit yang menggunakan “udara panas” untuk memutar turbin. Udara panas ini dihasilkan melalui pemanasan udara dengan menggunakan gas di dalam ruang bakar. Udara panas kemudian dialirkan ke turbin. Skema PLTG ditunjukan seperti pada Gambar 1.

 

Gambar 1. Skema turbin gas

 

 

Pembangkit listrik tenaga gas alam cenderung memiliki emisi yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan PLTU batu bara. Proses pembangkitan listrik menggunakan gas alam cukup berbeda dengan mekanisme pada PLTU. Proses pembakaran gas alam tidak digunakan untuk melakukan proses pemanasan seperti pada PLTU melainkan digunakan langsung untuk memutar turbin. Sebelum melalui proses pembakaran, udara terlebih dahulu dikompresi menggunakan kompresor. Kemudian udara yang telah terkompresi tersebut dialirkan ke ruang bakar untuk kemudian bereaksi dengan gas. Dalam proses tersebut, tekanan yang terkandung dalam udara serta energy kimia yang terkandung dalam gas dikonversi menjadi energy kinetic yang selanjutnya dimanfaatkan untuk memutar turbin. Kelebihan dan kekurangan PLTG dirangkum dalam Tabel 1.

 

 

Kelebihan

 

Efisiensi lebih tinggi

 

Konstruksi sederhana dan area yang dibutuhkan lebih kecil

 

Kapasitas elektrik lebih bervariasi

 

Lebih ramah lingkungan dibanding PLTU

 

Kecepatan dalam merespon kenaikan power lebih tinggi

 

Kekurangan

 

Biasanya hanya untuk memenuhi peak power

 

Polusi suara

 

Biaya operasional lebih tinggi

 

 

Tabel 1. Kekurangan dan kelebihan PLTG

 

 

Gas yang keluar dari turbin gas masih memiliki temperature yang cukup tinggi. Dengan demikian, gas panas tersebut masih dapat dimanfaatkan. Salah satu pemanfaatan gas panas tersebut adalah untuk memanaskan fluida kerja yang digunakan pada PLTU, melalui suatu alat bernama HRSG (Heat Recovery Steam Generator). Kombinasi antara turbin gas dan turbin uap dalam pembangkitan listrik dikenal dengan nama PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap). PLTGU memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan PLTU maupun PLTG mengingat lebih sedikitnya energi yang tidak termanfaatkan. Kelebihan dan kekurangan PLTGU ditunjukan pada Tabel 2.

 

 

Kelebihan

 

Efisiensi lebih tinggi dibanding PLTG

 

Biaya operasional lebih rendah dibanding PLTG

 

Waktu start lebih cepat

 

Prosedur pemeliharaan lebih sederhana

 

Kekurangan

 

Memerlukan sedikitnya dua jenis bahan bakar

 

Lifetime lebih cepat

 


Tabel 2. Kekurangan dan kelebihan PLTGU

 

 

 

********

Penulis

Maesha Gusti Rianta ST., M.Sc

Email: maesha@indonesiare.co.id