02 March 2017 2879

Diet and Highlight : Hidup Sehat dengan Probiotik

 

Siapa yang suka minum yoghurt atau makan frozen yoghurt? Sehabis makan dengan liar edisi lebaran, mungkin ada baiknya kita menyeimbangkan dengan makanan yang lebih sehat dan kaya akan probiotik seperti kedua makanan di atas.

Yoghurt memiliki kemampuan untuk meningkatkan protein dan kalsium pada tulang. Hal ini juga dapat membantu menyehatkan pencernaan hingga menghindari terjadinya darah tinggi. Manfaat yogurt ini terdapat dalam yoghurt favorit anda seperti Yunani yoghurt, kedelai organik dan sebagainya.Apa saja sih fungsi dari probiotik bagi tubuh kita?

1. Kaya akan vitamin

Yoghurt adalah sumber signifikan dari kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng, dan vitamin B5 (asam pantotenat). Yoghurt juga mengandung B12, untuk mempertahankan sel-sel darah merah dan membantu menjaga sistem saraf berfungsi dengan baik. 

2. Detoksikasi

Bakteri lactobacillus rhamnosus yang ada pada produk probiotik dilaporkan peneliti Gregor Reid memiliki afinitas untuk mengikat kandungan logam berat beracun di dalam tubuh.

Para peneliti menemukan hal ini bisa memberikan efek perlindungan yang signifikan terhadap paparan merkuri dan arsen pada wanita hamil. Hasil yang diperoleh pada anak-anak yang diteliti menunjukkan ketika para ibu diberikan yoghurt dengan kandungan bakteri terkait ada manfaat penurunan kadar toksin.

3. Menurunkan risiko kanker

Peneliti dari Lawson Health Research Institute, Kanada, menemukan bahwa pada sampel payudara yang terkena kanker banyak ditemukan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus epidermidis dalam jumlah tinggi. Kedua bakteri tersebut dikenal mampu mengubah DNA sehat menjadi DNA double-stranded yang mudah rusak menjadi kanker.

Sementara itu dalam sampel payudara yang sehat ditemukan banyak bakteri baik seperti Lactobacillus dan Streptococcus. Ini artinya kemungkinan bahan makanan yang mengandung probiotik baik dikonsumsi oleh wanita dan kedua bakteri tersebut juga sudah dikenal mengandung bahan antikarsinogen.

4. Mencegah depresi

Selama ini kandungan probiotik yang terdapat di dalam yoghurt banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan saluran cerna saja. Namun rupanya kandungan ini juga turut memengaruhi mood seseorang.

Para peneliti dari Leiden University, Belanda, telah membuktikannya dengan memeriksa 40 orang dewasa muda tanpa gangguan mood. Setengah dari mereka mengonsumsi suplemen probiotik bubuk setiap malam selama empat pekan sementara peserta lainnya mengonsumsi plasebo.

Suplemen probiotik ini dilaporkan berisi delapan jenis bakteri, di antaranya seperti Bifidobacterium, Lactobacillus, dan Lactococcus.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi suplemen probiotik dilaporlan mengalami perbaikan dalam suasana hati mereka. Mereka melaporkan memiliki mood yang lebih baik dan terhindar dari stres berlebih, jika dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi plasebo. Dengan kata lain, orang-orang yang mengonsumsi suplemen probiotik lebih mampu mengatasi suasana hati yang buruk.

Peneliti namun mengakui belum bisa memastikan bagaimana bakteri baik bisa berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang.

5. Mengurangi risiko diabetes mellitus

Studi yang dilakukan peneliti Harvard melihat dibalik enaknya yoghurt, terdapat sebuah manfaat sehat yakni mengurangi risiko diabetes tipe 2. Hal ini diketahui setelah peneliti memeriksa data dari 194.519 responden.

Konsumsi satu porsi yoghurt atau sekitar 28 gram per hari disebut berkaitan dengan penurunan risiko diabetes sebanyak 18 persen.

Hasil penelitian sebelumnya memang menunjukkan kalsium, magnesium, atau asam lemak tertentu dimiliki oleh produk susu dan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Namun diyakini bakteri probiotik yang ditemukan di yoghurt dapat meningkatkan status antioksidan pada orang dengan diabetes tipe 2.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Para ahli memperkirakan bahwa bakteri probiotik terlibat hingga 60 sampai 80 persen dari total sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu orang yang sedang memulihkan diri sangat dianjurkan mengonsumsi probiotik.

7. Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Meskipun yoghurt mengandung gula tapi tidak menyebabkan gigi berlubang. Asam laktat dalam yogurt juga ada untuk memberikan perlindungan gusi. Orang-orang yang makan setidaknya dua ons yoghurt per hari, memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit periodontal yang parah daripada orang-orang yang tidak melakukannya.

Gizi yang cukup memainkan peran utama dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, dan mikronutrien terbesar adalah kalsium dan vitamin D

Nah, banyak kan manfaat probiotik bagi tubuh kita. Yuk mari kita mulai rajin mengkonsumsi probiotik untuk hidup lebih sehat..

 

 

*********

Penulis

Admin