30 April 2018 10135

Vaksin Cacar Air, Penting atau Tidak ?

Jika membicarakan tentang cacar air, rasanya hampir semua orang sudah paham apa itu cacar air, apa saja tanda dan gejalanya, apa penyebabnya, serta bagaimana cara penanganannya. Jadi mungkin tidak perlu dibahas kembali. Tapi mungkin belum semua orang familiar tentang vaksin cacar air. Apakah cacar air ada vaksinnya? Yuk mari kita bahas bersama.

 

Apa sih vaksin cacar air itu?

Vaksin cacar air merupakan vaksin yang diberikan dalam rangka ‘usaha’ untuk mencegah insidensi dan morbiditas dari penyakit cacar air. Sebenarnya, vaksin cacar air merupakan virus cacar air alias varicella zoster yang telah dilemahkan sehingga aman untuk disuntikan ke dalam tubuh. Jadi, tidak perlu khawatir, vaksin ini tidak dapat menyerang tubuh dan menyebabkan cacar air. Namun, dengan dimasukkannya ‘virus yang sudah dilemahkan’ ini, sistem kekebalan tubuh diharapkan sudah ‘akrab’ dengan varicella zoster, sehingga jika suatu saat tubuh terserang virus ini, tubuh dapat memberikan perlawanan yang lebih baik dan tangguh.

 

Sumber Gambar : wordpress.com

 

Untuk siapa saja vaksin cacar air ini direkomendasikan?

Semua orang, khususnya yang belum pernah terinfeksi cacar air, direkomendasikan untuk menerima vaksin cacar. Jika merujuk pada daftar imunisasi wajib alias yang direkomendasikan oleh pemerintah, pemberian vaksin cacar ini direkomendasikan untuk diberikan pada anak mulai usia 12 bulan ke atas. Vaksin cacar air ini memang menurut penelitian akan lebih efektif jika diberikan pada masa anak-anak, setidaknya pada usia kurang dari 13 tahun. Namun, vaksin ini juga dapat diberikan pada anak-anak di atas usia 13 tahun dan orang dewasa juga.

 

Bagaimana cara pemberian vaksin cacar air?

Jika diberikan pada anak usia kurang dari 13 tahun, pemberian vaksin ini hanya diberikan dalam satu dosis. Namun jika vaksin cacar ini diberikan untuk anak-anak di atas usia 13 tahun dan orang dewasa, vaksin ini akan diberikan dalam dua dosis, yang mana rentang waktu yang direkomendasikan antara pemberian dosis pertama dan dosis kedua adalah 4 – 8 minggu.

 

Apakah dengan pemberian vaksin cacar air ini, berarti seseorang PASTI tidak akan terkena cacar air?

Walaupun vaksin cacar ini membuat sistem kekebalan tubuh ‘akrab’ dengan varicella zoster, pemberian vaksin ini tidak 100% membuat seseorang kebal dari penyakit cacar. Untuk pencegahan terinfeksi cacar air, tingkat efektivitas vaksin ini ‘baru’ mencapai 85%. Ya, seseorang masih dapat terkena penyakit cacar air walaupun dia telah menerima vaksin cacar air. Namun, orang yang telah menerima vaksin cacar air terbukti dapat melewati penyembuhan yang lebih cepat dan baik pada saat terkena cacar air dibanding orang yang belum pernah diberikan vaksin. Dengan kata lain, orang yang telah menerima vaksin cacar air dapat mengalami gejala yang lebih ringan dari orang yang belum pernah menerima vaksin cacar air. Demam yang dialami lebih tidak terlalu tinggi, papule dan vesicle yang muncul lebih tidak terlalu banyak, serta waktu penyembuhan yang lebih cepat. Selain itu, vaksin cacar air juga mampu mencegah komplikasi yang mungkin terjadi pada penyakit cacar air, seperti selulitis, pneumonia, encephalitis, serta sepsis.

 

Apakah ada efek samping dari pemberian vaksin cacar air?

Selayaknya vaksinasi dengan pemberian virus yang dilemahkan, vaksinasi cacar air ini berpotensi menimbulkan beberapa efek samping setelah pemberiannya. Misalnya, demam serta pembengkakan di sekitar area penyuntikan. Efek samping dapat lebih mungkin terjadi pada orang yang memiliki gangguan kekebalan tubuh, seperti alergi, penyakit autoimmune, atau keganasan. Oleh karena itu, sebelum pemberian vaksin ini direkomendasikan untuk dapat berkonsultasi dulu kepada dokter.

 

Di mana kita dapat memperoleh vaksin cacar air?

Silahkan untuk menghubungi dan menuju ke klinik, laboratorium, atau rumah sakit terdekat/kesayangan anda. Kalau memungkinkan, coba dihubungi dulu fasilitas kesehatan yang dituju, sebab vaksin cacar air ini cukup laris manis di pasaran. Apalagi sekarang sudah masuk ke musim pancaroba, di mana penyakit-penyakit infeksi sudah mulai merebak dan mewabah. Sebagai informasi tambahan, vaksin cacar air ini biasa dipasarkan dalam merek Varilrix dan Varivax dengan range harga 500 ribu – 630 ribu. Harganya lumayan mahal? Memang tidak murah, tapi menurut saya sangat sebanding dengan perlindungan yang ditawarkan.

Sumber Gambar : kesehatankerja.com

 

 

 

 

***

Penulis

dr. Laras Prabandini Sasongko, AAAIJ

Email: laras@indonesiare.co.id